RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SMK AL-HUSNA MALANG
Program Keahlian : Teknik
Komputer dan Jaringan (TKJ)
Mata Pelajaran : Produktif Kompetensi Kejuruan
Kelas/Semester : X/ 2
Kode Mata Diklat : TIK.JK02.022.01
Alokasi Waktu : 5x45
menit ( 1 Pertemuan )
Pertemuan ke : 1 ( Pertama )
Standart Kompetensi :
Melakukan Instalasi Software
Kompetensi Dasar : Menjelaskan Langkah Instalasi
Software
Indikator :
1.
Memahami klasifikasi software.
2.
Menginstalasi berbagai jenis software pada berbagai macam
basis OS.
3.
Mengoperasikan software.
4. Menangani
troubleshouting.
1.
Peserta didik dapat memahami klasifikasi software.
2.
Peserta didik dapat menginstalasi berbagai jenis software
pada berbagai macam basis OS.
3.
Peserta didik dapat mengoperasikan software.
4.
Peserta didik dapat menangani troubleshouting.
1.
Jenis-jenis Software
1.1.System Software
1.2.Programming Software (Software Pemrograman)
1.3.Aplication Software (Software Aplikasi)
2. Instalasi
Software pada berbagai macam OS
2.1.Instalasi
Software Ms. Office
2.2.Instalasi
Software Open Office
1.
Model Pembelajaran :
Self-Based Learning
2. Metode
Pembelajaran :
a. Inkuiri
b.Tanya
jawab
c. Penugasan
No.
|
Tahapan kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1.
|
Pembukaan
|
|||
-
Salam / Doa
|
-
Membuka salam dan meminta salah satu
siswa untuk memimpin doa
|
-
Salah satu memimpin untuk berdoa
|
5 menit
|
|
-
Pendalaman materi modul
|
-
Menjelaskan tujuan praktikum dan Kompetensi
dasar yang harus dicapai siswa pada pertemuan ini.
-
Menanamkan
sikap mandiri pada siswa untuk terus mencari materi-materi pelajaran selain
yang di dapat dari guru, terutama memanfaatkan seluas-luasnya untuk
menggunakan fasilitas internet.
|
-
Mendengarkan penjelasan guru dan
mencatat hal-hal penting yang dijelaskan guru.
- Mendengarkan penjelasan guru dan mencatat hal-hal penting yang
dijelaskan guru.
|
10 menit
10 menit
|
|
2.
|
Inti
|
|||
- Persiapan
|
- Membagikan modul kepada siswa.
- Menjelaskan langkah-langkah instalasi software aplikasi.
- Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam instalasi
|
-
Meng-copy modul dari guru.
-
Mendengarkan penjelasan dan mencatat
hal-hal penting yang dijelaskan guru apabila kurang jelas dipersilahkan untuk
bertanya.
-
Melaksanakan keamanan dan
Keselamatan Kerja (K3) dalam instalasi
|
5 menit
30 menit
5 menit
|
|
- Praktikum
|
- Memandu siswa dalam melaksanakan praktikum dan memberikan solusi jika
siswa mengalami kesulitan.
|
-
Melaksanakan praktikum sesuai dengan
langkah-langkah pada modul dan bertanya pada guru apabila mengalami
kesulitan.
|
30 menit
|
|
-
Penerapan
|
-
Membimbing siswa mengoperasikan
software yang sudah terinstall.
-
Menjelaskan pengertian troubleshooting dan cara
penanganannya.
|
- Mencoba mengoperasikan software dan mngidentifikasi apakah ada masalah
dalam proses instalasi.
-
Mendengarkan penjelasan dan mencatat
hal-hal penting yang dijelaskan guru apabila kurang jelas dipersilahkan untuk
bertanya.
|
40 menit
|
|
-
Latihan
|
-
Menjelaskan perbedaan dan
karakteristik antara tiap-tiap program aplikasi
|
-
Mengidentifikasi jenis-jenis software aplikasi
yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem (Misal :
aplikasi ghost, partition magic, anti virus, office, grafis, multimedia,
kompresi dan lain-lain)
-
Memilih aplikasi yang sesuai dengan
sistem operasi yang terinstall
|
20 menit
|
|
3.
|
Penutup
|
|||
-
Tugas
|
- Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
- Menarik kesimpulan tentang perbedaan software.
-
Memberikan pertanyaan di akhir
pelajaran agar siswa benar-benar memahami praktikum.
- Membimbing siswa untuk membuat laporan hasil percobaan.
|
-
Memberikan blikan terhadap refleksi
dari guru tentang pertemuan hari ini
-
Mencatat apabila ada hal-hal yang
penting dari kesimpulan tersebut.
-
Menjawab pertanyaan agar dari guru
agar benar-benar memahami materi.
-
Mengerjakan laporan yang diminta
guru untuk dikumpulkan pada akhir jam pelajaran secara individu.
|
10 menit
5 menit
10 menit
45 menit
|
|
-
Do’a / Salam
|
-
Menutup salam dan keluar kelas
|
-
Menjawab salam
|
5 menit
|
1.
Sumber
Pembelajaran :
[1] Amiroh. 2012. Modul Instalasi Software. [online]. http://www.slideshare.net/m3r0chan/modul-instalasi-software. [diakses tanggal 16 April 2013].
[2] Hidayat, Yayat. 2010. Modul KKPI 5. [online]. http://gatsclub.wordpress.com/2010/01/20/modul-kkpi-5/ . [diakses tanggal 8 April 2013].
2.
Media
Pembelajaran :
[1]
Modul Praktikum Instalasi Software SMK AL-HUSNA MALANG
3.
Perangkat
yang digunakan :
[1]
LCD/Proyektor
[2]
Laptop
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Tes Tertulis
|
Tes Pilihan Ganda
|
Unjuk Kerja
|
Tes Praktik
|
SOAL
PILIHAN GANDA
1)
Yang tidak termasuk dalam kategori software operating
system adalah…
a.
Windows 98
b.
Linux
c.
Ms-Office 2000
d.
FreeBSD
e.
Unix
2)
Software yang bertugas untuk mengatur seluruh proses,
menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, manajemen penggunaan memori
dan lain sebagainya adalah … .
a.
Software utility
b.
Sistem Operasi
c.
Norton Utility
d.
Cobol
e.
Yast
3)
Kword adalah salah satu software aplikasi dalam operating
system linux yang berfungsi sebagai … .
a.
Spreadsheet
b.
Presentation
c.
Database
d.
Word Processing
e.
Drawing
4)
Instalasi MS -Office pada Windows dapat dilakukan melalui
DOS command dengan cara … .
a.
Klik Start – Search
b.
Klik Start – Control Panel
c.
Klik Start – Run
d.
Klik Start – Program – Utility
e.
Klik Start – My Computer
5)
Yang termasuk golongan software multimedia adalah seperti
dibawah ini, kecuali… .
a.
Winamp
b.
Media Player
c.
Xine
d.
Excel
e.
XMMS
Kunci Jawaban :
1.
C
2.
B
3.
D
4.
D
5.
D
Penilaian :
Skor maksimal = 100
Jumlah jawaban benar = x 20
Tugas Praktikum :
Siswa diminta untuk melakukan proses install Software
yang banyak digunakan untuk keperluan kegiatan administrasi sehari -hari .
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Indikator Keberhasilan
|
Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Menguji keberhasilan peng-install-an software
|
1. Mampu memilih software yang banyak digunakan untuk keperluan kegiatan administrasi sehari -hari .
2. Mampu meng-install software dengan langkah-langkah yang tepat.
3. Mampu menguji untuk memastikan software berhasil terinstall.
|
Penilaian
Poin
|
Keterangan
|
5
|
Siswa mampu
memilih software yang tepat, menginstall software dengan langkah yang tepat,
dan menguji keberhasilan instalasi.
|
4
|
Siswa mampu memilih sofware yang tepat, menginstall dengan langkah yang
tepat, tetapi belum mampu menguji keberhasilan instalasi.
|
3
|
Siswa mampu memilih software yang tepat, tetapi kurang mampu
menginstall dengan langkah yang tepat.
|
2
|
Siswa mampu memilih sofware yang tepat, tetapi tidak bisa melakukan
langkah instalasi.
|
1
|
Siswa tidak mampu memilih software yang tepat dan tidak mampu melakukan
instalasi.
|
Malang,
16 April 2013
Mengetahui,
0 komentar:
Posting Komentar